Minggu, 09 April 2017

MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM



Antara Sejarah dan Kebudayaan Islam merupakan bagian penting yang tidak mungkin dipisahkan dari kehidupan kaum Muslimin dari masa ke masa, khususnya bagi kita generasi muda Islam saat ini. Betapa tidak, dengan memahami sejarah dengan baik dan benar, dosen maupun mahasiswa bisa bercermin untuk mengambil banyak pelajaran dan membenahi kekurangan atau kesalahan mereka, dan juga bisa merefleksi diri untuk mwujudkan generasi Islam yang baik. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan ”Tidak ada masa depan tanpa adanya masa lalu”.
Menilik dari kutipan diatas, bisa diartikan tidak ada hari esok tanpa adanya hari kemarin. Karena semua berawaldari sejarah. Mungkin ini adalah salah satu alasan yang kuat tentang mengapa pentingnya sebuah sejarah untuk dipelajari. Sejarah merupakan jembatan yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini,.
 Sejarah merupakan sebuah jembatan bagi manusia yang bisa menghubungkan dari zaman ke zaman, dari masa ke masa. Tanpa adanya sejarah, manusia tidak akan tahu darimana ia berasal, apa hakikatnya menjadi manusia, dan untuk apa manusia diciptakan. ia merupakan tempat belajar bagi para generasi penerus agar dapat memandang ke masa silam, melihat ke masa kini, dan menatap ke masa depan. Begitu pula dengan sejarah dunia Islam, tidak ada peradaban Islam seperti sekarang ini tanpa adanya sejarah panjang dan pertumpahan darah dari masa lalu. Islam berkembang lewat sejarah, berawal dari Rasulullah, sahabat-sahabat khulafauur rasyidin, para tabi’in, ulama-ulama terdahulu, ke guru-guru kita dan samapailah ke kita saat ini`. Begitulah Islam berkembang.
            Pada hakikatnya Islam adalah agama yang sangat sempurna. Begitu pula perkembangannya. Untuk menuju Perkembangan Islam seperti sekarang ini sangatlah rumit dan tidak mudah. Banyak pertentangan pertentangan yang terjadi, termasuk pertentangan dalam Islam sendiri. Perebutan jabatan, pertentangan antara sahabat satu dengan sahabat yang lain, dan pertikaian pertikaian lainnya. Dengan mempelajari sejarah Islam, kita akan diajak untuk menelusuri jejeak – jejak historis dan bisa mendapatkan pelajaran bagaimana jalanya perkembangan sejarah kebudayaan di dunia Islam. Ini sangatlah penting bagi kita semua terutama pada generasi pemuda dan pemudi calon penerus estafet Islam, karena berawal dari kisah-kisah tersebut, kita dapat bercermin dan menilai perbuatan yang merupakan keberhasilan dan kegagalan. Dengan memahami sejarah Islam, kita akan lebih bisa mempersiapkan diri untuk meraih keberhasilan dan akan lebih teliti dan berhati-hati agar pertentangan dan pertumpahan darah dimasa lalu tidak terulang kembali.
           
Ada  banyak sekali kegunaan dan juga manfaat mempelajari sejarah, diantaranya adalah pengambilan pelajaran dan tauladan dari contoh-contoh di masa lampau. Sehingga sejarah memberikan manfaat secara lebih khusus demi kelangsungan hidup manusia.[1] Sejarah kehidupan juga bisa berguna sebagai guru kehidupan. Dengan mengembangkan peristiwa masa lampau, dijadikan sebagai edoman bagi masa kini dan masa yang akan datang. Selin itu sejarah juga dapat menjaga kelestarian identias kelompok dan memperkuat daya tahan kelompok tersebut bagi kelangsungan hidupnya dan sarana pemahaman hidup dan mati.[2]
            Begitu banyak pentingnya sejarah bagi kehidupan umat manusia. Di dalam Kitab suci Al-Quran sendiri terdapat banyak kisah yang menjelaskan peradaban-peradaban Islam pada zaman dahulu serta kisah- kisah nabi dan tokoh masa lalu. Diantaranya adalah :
·         Sesungguhnya pada kisah – kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal, Al-Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, aka tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.
·         Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi dan memperhatikan bagaimana akibat oleh orang-orang sebelum mereka? Orang-orang itu adalah lebih kuat dari pada mereka, dan tekag mengolah bumi serta memakmurkanya lebih banyak dari apa yang tekah mereka makmurkan. Dan telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka yang membawa bukti-bukti yang nyata. Maka Allah sekali-kali tidak berlaku dzalim kepada mereka, aka tetaoi merekalah yang berlaku dzalim kepada diri sendiri.[3]

Selain manfaat diatas, ada juga beberapa manfaat lain dengan mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam, yaitu :
·         Memperoleh Informasi tentang peristiwa-peristiwa masa lampau dan hasil yang dicapai oleh Nabi dan umatnya semenjak lahirnya beliau sampai sekarang. Sehingga membangkitkan inspirasi bagi kita untuk membangun keasadaran bahwa peadaban yang lebih baik bisa diusahakan.
·         Memberikan suri tauladan bagi umat manusia dalam mengarungi kehidupan karena itu dapa dikatakan sejarahsebagai guru kehidupan bagi umat manusia.
·         Sebagai sarana pemahaman mengenai hidup dan mati, hal ini penting bagi umat manusia agar dapat menjalani hidup ini dengan baik dan benar.[4]

Dengan mempelajari sejarah kebudayaan islam,seseorang diharapkan mampu mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan peradaban kebudatyaan Islam. Sejak masa-masa lahirnya sampai sekarang. Sejarah kebdayaan Islam tidak hanya memiliki manfaat yang besar bagi pembangunan dan pengembangan umas Islam, namun juga dapat menyelesaikan problematika peradaban Islam di masa kini. Di samping itu, dapat memunculkan sikap positif terhadap berbagai perubahan sistem peradaban Islam.




[1] Khioriyah, Reorientasi Wawasan Sejarah Islam Dari Arab sebelum Islam hingga dinasti-dinasti Islam. (Yogyakarta: Teras, 2012), hlm 1
[2] Khoiriyah, Ibid, hlm. 2
[4] Fatikha, Sejarah Peradaban Islam,( Pekalongan : STAIN Pekalongan Press,2011) hlm 14-16

0 komentar:

Posting Komentar